Rabu, 13 Mei 2015

Membaca Al Ikhlas 3 Kali Sama dengan Menamatkan Al Quran

Diposting oleh Unknown
Apakah kamu pernah mendengar informasi tentang pahala membaca Al Ikhlas sebanyak tiga kali sama dengan pahala membaca keseluruhan Al-Quran? Mungkin ada yang sudah pernah dengar, dan mungkin ada juga yang belum. Tapi, apakah benar informasi yang saya sebutkan di atas? Apakah kamu percaya? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: Balasan Memenuhi Nazar dan Bahaya Menlanggar Nazar



Hadits Tentang Membaca Al Ikhlas Tiga Kali Sama dengan Membaca Seluruh Al-Quran

Mungkin saat ini timbul pertanyaan di dalam diri kalian, kalau dengan 3x membaca pahalanya sama dengan menamtkan Al Quran, lantas mengapa Al Quran diciptakan sedemikian tebalnya? Mengapa Al Ikhlas sampai sehebat ini? Apakah ada Hadits yang menjelaskan tentang ini atau cuma info bohong?

Ternyata, membaca Al Ikhlas tiga kali sama dengan membaca seluruh Al Quran adalah pernyataan yang benar dan juga informasi di atas didasari oleh Hadist yang shahih. Salah satunya ialah Hadits yang berbunyi bahwa pada waktu itu ada orang yang mendengar orang lain terus-menerus membaca Surah Al Ikhlas. Besoknya, orang yang mendengar itu mendatangi Rasulullah SAW dan menyampaikannya kepada Rasulullah SAW. Setelah itu Rasulullah SAW bersabda: “Apa yang orang itu baca adalah sepertiga Al Quran yaitu Surah Al Ikhlas”. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari no. 7314.

Selain hadits di atas, ada juga Hadits yang didalamnya bercerita bahwa Rasulullah SAW bertanya kepada para sahabatnya “Apakah membaca sepertiga Al Quran setiap malam adalah sesuatu yang sulit?”. Kebingungan nampak pada wajah sahabat Rasulullah SAW dan bertanya siapa yang mampu mengerjakannya dan Rasulullah menjawab “Al Ikhlas adalah sepertiga Al Quran”. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari no. 5015.

Setelah melihat dua Hadits di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa Pahala membaca Surah Al Ikhlas sebanyak tiga kali sama dengan pahala menamatkan Al Quran. Bayangkanlah, jika kamu membaca Surah ini sebanyak-banyaknya, maka pahala kamu mungkin sudah cukup banyak. Tetapi, ulama juga berkata bahwa pernyataan di atas hanyalah sebatas pahala yang diterima, sehingga membaca Surah ini sebanyak tiga kali tidak bisa dianggap telah menamatkan Al Quran karena sebagian besar isi Al Quran telah ia lewatkan.

Lantas, Mengapa Al Ikhlas Sampai Sehebat Ini ?

Alasannya ialah karena Surah Al Ikhlas sendiri jika disimak baik-baik, terbagi menjadi 3 bagian besar yang berisi tentang penjelasan mengenai hal-hal krusial. Hal tersebut ialah bagian pertama, yaitu ayat yang menjelaskan mengenai hokum-hukum syari’ah. Bagian kedua, yaitu ayat kedua dan ketiga mengenai kejadian yang terjadi di masa lalu atau tentang terjadinya alam semesta. Dan bagian terakhir yaitu ayat keempat, tentang ajaran Tauhid untuk umat manusia.

Namun, tidak berarti kita Cuma cukup membaca Surah Al Ikhlas saja, karena meskipun membacanya bernilai pahala besar, tapi Surah tersebut tidak mencakup semua isi Al Quran. Tapi sudah terbukti bahwa membaca Surah Al Ikhlas Tiga kali sama dengan mengkhatamkan Al Quran. Demikian penjelasannya, terima kasih telah menyimak !!!

1 komentar:

  1. Gambling in Connecticut | MHS Casino Guide - Jtm Hub
    The state has a number of online gambling 익산 출장안마 sites 전라남도 출장마사지 in the state. The legislators present the state 서산 출장마사지 with a list 구미 출장샵 of all gambling sites 목포 출장안마 in

    BalasHapus