Senin, 11 Mei 2015

Balasan Memenuhi Nazar dan Bahaya Melanggar Nazar

Diposting oleh Unknown
Tahukah kamu bahwa di dalam Islam, akan sangat berbahaya jika kamu bernazar kemudian tidak mengerjakannya? Tahukah kamu bahaya apa itu? Dan tahukah juga kamu balasan untuk orang yang mengerjakan nazarnya? Kalau mau tahu, silahkan baca penjelasan di bawah ini.



Balasan dan Bahaya Bagi Orang yang Memenuhi dan Melanggar Nazar

Apa itu Nazar? Nazar adalah sebuah janji, dan saat orang tersebut telah bernazar, berarti dia telah mewajibkan apa yang sesungguhnya tidak diwajibkan. Berikut ini adalah beberapa Dalil dari Hadits mengenai pelarangan Nazar. Silahkan disimak!!

Baca juga: 8 Macam Pintu Surga dan Orang yang Termasuk di Dalamnya

1. Imam Bukhari dan Muslim pernah meriwayatkan sebuah Hadits dari Ibnu Umar RA, Ia berkata: “Bernazar itu sendiri dilarang oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam karena hanya orang pelit atau bakhil yang mengeluarkan nazar dan nazar berarti tidak dapat menolak sesuatu sama sekali.”

2. Imam Muslim juga mengulang Hadits di atas pada HR. No. 1460, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Sebaiknya umat Islam tidaklah bernazar, ini dikarenakan takdir tidak dapat ditolak sedikit pun oleh nazar dan hanya orang pelit yang mengeluarkannya.”

3. Hukum mengenai sumpah atau janji juga diulang pada Hadits Riwayat Imam Bukhari no. 6694 dam Imam Muslim no. 1640, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Nazar tidak akan mendekatkan ke seseorang yang Allah tidak takdirkan dan Allah menakdirkan hasil nazar itulah. Hanya orang pelit yang mengeluarkan nazar dan orang yang berjanji tersebut sebenarnya mengeluarkan harta tapi ia sendiri tidak menginginkannya.”

Kalau Hadits di atas mengenai pelarangan Nazar, berikut ini beberapa Dalil dari Al-Qur’an mengenai kewajiban menunaikan nazar serta balasan bagi orang yang mengerjakannya. Silahkan disimak !!

1. Dalam Surah Al Hajj ayat 29, Allah SWT berfirman bahwa seseorang yang mengeluarkan nazar hendaklah menyempurnakan dengan memenuhinya dan menghilangkan kotoran yang ada pada tubuhnya.

2. Dalam Surah Al Baqarah ayat 270 Allah SWT juga berfirman bahwa apa saja yang dinazarkan oleh seorang Islam atau nafkahkan, Allah mengetahui semuanya.

3. Dalam Surah Al Insan ayat 5-7 juga terdapat hukum Nazar bahwa di mana Allah memberi pujian terhadap orang-orang yang mampu memenuhi nazar mereka bahwa hamba-hamba Allah minum dari gelas dengan isi campuran mata air dalam surga dan air kafur, dan orang-orang yang mengerjakan kebajikan meminum hal yang sama. Nazar dipenuhi karena merasa takut akan azab yang terjadi suatu hari.

4. Dalam Islam, Hukum dan adab mengenai Sumpah juga terdapat pada Surah li Imran ayat 76 di mana Allah SWT berfirman bahwa Allah SWT menyukai orang-orang yang bertaqwa dan juga mereka yang mengerjakan janji atau nazarnya disebut sebaai orang yang beriman dan bertaqwa.

Jika telah bernazar, seharusnya nazar tersebut dikerjakan, agar kita menjadi umat Allah yang lebih bertaqwa. Demikian penjelasan saya mengenai Bahaya Melanggar Nazar dan Balasan Memenuhi Nazar. Terima kasih telah menyimak !!

0 komentar:

Posting Komentar